Daftar Blog Saya

Senin, 11 November 2013

KEPERAWATAN PEDIATRIK

PEMBAHASAN
A.   Periode Pranatal
1.    Definisi
Perkembangan setiap individu dimulai ketika sebuah sel sperma ayah menembus dinding ovum atau sel telur ibu sehingga terjadi pembuahan dan pembelahan sel yang terus berlanjut.
o   Periode perkembangan pranatal berlangsung selama ± 40 minggu dalam 3 fase, yaitu:
o   Periode zigot/periode ovum (sejak pembuahan sampai akhir minggu kedua)
o   Periode embrio (akhir minggu kedua sampai akhir bulan kedua)
o   Periode fetus/janin (akhir bulan kedua sampai lahir) 
2.  Tahap-tahap Perkembangan Pralahir
Minggu
Pertumbuhan dan Perkembangan
I
Ovum yang telah dibuahi, berjalan menuju uterus.
II
Embrio melekatkan diri pada salah satu dinding uterus.
III
Embrio mulai membentuk kepala dan daerah ekor. Jantung primitif mulai berdetak.
IV
Mulut, saluran gastrointestinal, dan hati mulai terbentuk. Jantung berkembang pesat, kepala dan daerah otak tampak semakin jelas.
VI
Tangan dan kaki mulai terbentuk. Hati mulai menghasilkan sel darah.
VIII
Panjang embrio mencapai 2,5 cm. Wajah, mulut, mata, dan telinga semakin jelas bentuknya. Otot dan tulang rawan mulai bertumbuh.
XII
Panjang janin mencapai 7,5 cm. Janin menyerupai bayi kecil dengan kepala besar. Kelopak mata dan kuku mulai terbentuk. Jenis kelamin dapat dibedakan dengan mudah.
XVI
Panjang janin mencapai 11,25 cm. Ibu mulai merasakan gerakan janin. Tubuh janin semakin proporsional.
Minggu
Pertumbuhan dan Perkembangan
XX
(bulan ke 5)
Panjang janin mencapai 15 cm. Tangan dan kaki telah sempurna bentuknya.
XXIV
(bulan ke 6)
Panjang janin mencapai 25 cm. Janin mampu bernafas dan membuat suara tangis yang lemah sebagai antisipasi terjadinya kelahiran secara prematur.
XXVIII
(bulan ke 7)
Janin telah mencapai “zona kelangsungan hidup” (mempunyai kesempatan hidup bila lahir prematur).
Bulan 7 smpai persalinan
Janin siap menghadapi kehidupan mandiri di luar rahim ibu. Gerakan janin semakin terarah. Pernafasan, kemampuan menelan, menghisap, dan tangisan lapar semakin membaik.

3.    Faktor-faktor yang berpengaruh
Pada periode pranatal, pertumbuhan dan perkembangan berlangsung sangat cepat dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
¨  Gizi dan kesehatan ibu
¨  Faktor Rhesus
¨  Obat-obatan
¨  Merokok
¨  Alkohol
¨  Sinar X dan Radiasi
¨  Polusi logam berat
¨  Emosi ibu
¨  Usia ibu
PENGKAJIAN DATA DASAR & FOKUS
Pengkajian tgl              :
Tanggal MRS               :
Ruang/Kelas                :
Jam                  :
NO. RM           :
Dx. Masuk       :

Identitas

Nama                 :                                        Jenis Kelamin            :
Umur                 :                                        Status Perkawinan      :
Agama               :                                        Penanggung Biaya      :
Pendidikan        :
Pekerjaan           :
Suku/Bangsa      :
Alamat               :
Riwayat Sakit dan Kesehatan
Keluhan utama            :
Riwayat penyakit saat ini         :
Penyakit yang pernah diderita  :
Penyakit yang pernah diderita keluarga:
Riwayat alergi:  ya                tidak                        Jelaskan :
ROS
Observasi & Pemeriksaan Fisik (ROS: Review of System)
Keadaan Umum:           baik              sedang          lemah          Kesadaran:
Tanda vital TD:              Nadi:     Suhu Badan:       RR:
Pernafasan
B1 (Breath)
Pola nafas        irama:               Teratur         Tidak teratur
Jenis                 Dispnoe        Kusmaul       Ceyne Stokes          Lain-lain:
Suara nafas:      vesikuler      Stridor          Wheezing     Ronchi        Lain-lain: normal
Sesak nafas       Ya                Tidak            Batuk    Tidak berdahak  Berdahak

Masalah: Tidak ada masalah
Kardioasker
B (Blood)
Irama jantung:               Reguler         Ireguler        S1/S2 tunggal    Ya    Tidak
Nyeri dada:                   Ya                Tidak
Bunyi jantung:              Normal         Murmur        Gallop         lain-lain
CRT:                            : ˂ 2 dtk
Akral:                           Hangat          Panas            Dingin kering  Dingin basah


Masalah: Tidak ada masalah
Persyaratan B3 (Brain)
Penginderaan
GCS                             Eye: 4              Verbal: 5          Motorik: 6                    Total: 15
Refleks fisiologis: Biseps …..              Triseps …….          Patella ………
Refleks patologis: Babinsky…….        Brudzinsky……..   Kernig ……….          
Lain-lain:
Istirahat / tidur:            6 jam/hari                     Gangguan tidur:

Masalah:

Penglihatan (mata)
Pupil                            :  Isokor         Anisokor      Lain-lain:miosis/midriasis
Sclera/Konjungtiva      :  Anemis       Ikterus          Lain-lain:kemerahan

Pendengaran/Telinga
Gangguan pandangan  :  Ya              Tidak           Jelaskan:
Lain-lain
Penciuman (Hidung)
Bentuk                         :  Normal       Tidak           Jelaskan:
Gangguan Penciuman  :  Ya              Tidak           Jelaskan:
Lain-lain

Masalah: Tidak ada masalah
Perkemihan
B4 (Bladder)
Kebersihan:      Bersih           Kotor
Urin:                Jumlah:            cc/hr: 1000 cc  Warna: kuning Bau: khas
Alat bantu (kateter, dan lain-lain): -
Kandung kencing:        Membesar         Ya                Tidak
                                    Nyeri tekan       Ya                Tidak
Gangguan:        Anuria          Oliguri                      Retensi       
                         Nokturia       Inkontinensia           Lain-lain: Normal

Masalah: Tidak ada masalah

Pencernaan
B5 (Bowel)
Nafsu makan:               Baik             Menurun     Frekuensi:
Porsi makan:                 Habis            Tidak           Ket: bubur porsi habis
Minum :           750      cc/hari              Jenis: Air putih
Mulut dan Tenggorokan
Mulut:                           Bersih           Kotor            Berbau
Mukosa            :                      Lembab         Kering          Stomatitis
Tenggorokan                 Sakit menelan/nyeri tekan                Kesulitan menelan
                                     Pembesaran tonsil                            Lain-lain:
Abdomen
Perut                             Tegang         Kembung     Ascites         Nyeri tekan, lokasi:
Peristaltik                     14 x/mnt
Pembesaran hepar         Ya                                        Tidak
Pembesaran lien            Ya                                        Tidak
Buang air besar   :         Ya                                        Tidak
Konsistensi                  Bau:                 Warna:
Lain-lain:

Masalah: Tidak ada masalah

Mulkuloskeletal/Integumen
B6 (Bone)
Kemampuan pergerakan sendi:             Bebas                       Terbatas
Kekuatan otot  3  3
                         2  2
Kulit
Warna kulit:      Ikterus          Sianotik        Kemerahan      Pucat 
 Hiperpigmentasi

Turgor:  Baik                          Sedang                    Jelek
Odema:             Ada              Tidak ada                Lokasi
 Lain-lain

Masalah: Intoleransi aktivitas

Endokrin
Tyroid  Membesar         Ya                Tidak
Hiperglikemia               Ya                Tidak       GDA:           GDP:
Hipoglikemia                Ya                Tidak
Luka gangren                Ya                Tidak      Lokasi:
Keadaan luka:

Masalah: Tidak ada masalah

Pers. Higiene
Mandi              :                       Sikat gigi :
Keramas          :                       Memotong kuku:
Ganti pakaian  : 

Masalah:

Psiko-sosio-spiritual
Orang yang paling dekat:
Hubungan dengan teman dan lingkungan sekitar:
Kegiatan ibadah:
Konsep Diri:

Masalah: Tidak ada masalah


Data penunjang (Lab, Foto, USG, dll)
Tgl                                                   Normal
SGOT =                                           L ˂ 37 P ˂ 31 u/l                                    
SGPT =                                            42 – 43 u/l
BUN =                                             10 – 23 u/l
Kreatin Serum =                               L = 0,6 – 15 P = 0,5 – 12 u/l
Asam urat =                                      L = 3,4 - 7 P = 2,4 – 5,7 mg/dl
Total kolesterol =                             150 – 220 mg/dl





B.   Post natal
Setelah melahirkan ibu perlu dikaji dan diobservasi terhadap kemungkinan adanya perdarahan atau infeksi postpartum.Keamanan ibu tergantung pada pengkajian yang kontinu dan intervensi dari perawat yang siaga.
Penkajian yang dapat dilakukan meliputi:
1.      Keadaan umum
Kaji kondisi ibu secara umum, apakah ibu merasa kelelahan atau ibu merasa segar. Hal ini mempengaruhi penerimaan ibu terhadap bayi serta kemampuan ibu dalam menyusui dan mengasuh bayi.
2.    Tanda-tanda vital
Kaji tekanan darah,nadi,pernafasan dan suhu pada ibu. Periksa tanda-tanda vital tersebut setiap 15 menit selama satu jam pertama setelah melahirkan atau sampai stabil, kemudian periksa setiap 30 menit untuk jam-jam berikutnya. Nadi dan suhu diatas normal dapat menunjukan kemungkinan adanya infeksi. Tekanan darah mungkin sedikit meningkat karena upaya untuk persalinan dan keletihan. Tekanan darah yang menurun perlu diwaspadai kemungknan adanya perdarahan PP.
3. Kepala dan wajah
  1. Mata
Konjungtiva yang anemis menunjukan adanya anemia kerena perdarahan saat persalinan.
  1. Hidung
Kaji dan tanyakan pada ibu ,apakah ibu menderita pilek atau sinusitis.Infeksi pada ibu postpartum dapat meningkatkan kebutuhan energi
  1. Telinga
Kaji apakah ibu menderita infeksi atau ada peradangan pada telinga
  1. Mulut dan gigi
Tanyakan pada ibu apakah ibu mengalami stomatitis,atau gigi yang berlubang.Gigi yang berlubang dapat menjadi pintu masuk bagi mikroorganisme dan bisa beredar secara sistemik
  1. Leher
Kaji adanya pembesaran kelenjar limfe dan pembesaran kelenjar tiroid.Kelenjar limfe yang membesar dapat menunjukan adanya infeksi,ditunjang dengan adanya data yang lain seperti hipertermi,nyeri dan bengkak.
  1. Abdomen
1)      Keadaan
Kaji adakah strie dan linia alba. Kaji keadaan abdomen, apakah lembek atau keras. Abdomen yang keras menunjukan kontraksi uterus bagus sehingga perdarahan dapat diminimalkan. Abdomen yang lembek menunjukan sebaliknya dan dapat dimasase untuk merangsang kontraksi.
2)      Kondisi luka
Luka SC harus dikaji apakah terdapat tanda-tanda infeksi, jika ada harus dilaporkan segera untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut
3)      Diastasis rektus abdominis
Diastasis rektus abdominis adalah regangan pada otot rektus abdominis akibat pembesaran uterus. Jika dipalpasi ,regangan ini menyerupai celah memanjang dari prosessus Xiphoideus ke umbilikus sehingga dapat diukur panjang dan lebarnya.Diastasis ini tidak dapat menyatu kembali seperti sebelum hamil tetapi dapat mendekat dengan memotivasi ibu untuk melakukan senam nifas.
Cara memeriksa diastasis rektus abdominis adalah dengan meminta ibu untuk tidur terlentang tanpa bantal dan mengangkat kepala, tidak diganjal. Kemudian palpasi abdomen dari bawah prosessus xipoideus ke umbilikus kemudian ukur panjang dan lebar diastasis.
4)      Fundus uteri
Palpasi fundus uteri dari arah umbilikus ke bawah. Tentukan tinggi fundus uteri, misalnya 1 jari diatas pusat dll.posisi fundus apakah sentral atau lateral.Posisi lateral biasanya terdorong oleh bladder yang penuh.Konteraksi juga harus diperiksa, kontraksi lemah atau perut teraba lunak menunjukan konteraksi uterus kurang maksimal sehingga memungkinkan terjadinya perdarahan.
5)      Kandung kemih
Kaji dengan palpasi kandungan urne di kandung kemih. Kandung kemih yang bulat dan lembut menunjukan jumlah urine yang tertapung banyak dan hal ini dapat mengganggu involusi uteri, sehingga harus dikeluarkan
6)      Lokhea
Kaji jumlah, warna, konsistensi dan bau lokhea pada ibu PP. Perubahan warna harus sesuai.Misalnya Ibu PP hari ke tujuh harus memiliki lokhea yang sudah berwarna merah muda atau keputihan. Jika warna lokhea masih merah maka ibu mengalami komplikasi PP. Lokhea yang berbau busuk menunjukan adanya infeksi disaluran reproduksi dan harus segera ditangani.
7)      Perineum
Kaji kondisi perineum, apakah utuh atau terdapat luka episiotmi, atau ruptur. Kaji juga adanya tanda –tanda REEDA(Redness, Edema,Ekimosis , Discharge dan Aproximation ).Kebersihan perineum menunjang penyembuhan luka.Serta adanya hemoroid derajat 1 normal untuk ibu hamil dan pasca persalinan.
g.      Ekstremitas
Kaji apakah ada varises dan tanda homan,tanda homan positif menunjukan adanya tromboflebitis sehingga dapat menghambat sirkulasi ke organ distal. Cara memeriksa tanda homan adalah memposisikan ibu terlentang dengan tungkai ekstensi, kemudian didorsofleksikan dan tanyakan apakah ibu mengalami nyeri pada betis, jika nyeri maka tanda homan positif dan ibu harus dimotivasi untuk mobilisasi dini agar sirkulasi lancar.


C.    KEPERAWATAN PEDIATRIK
a.      Definisi
Pediatrik berkenaan dengan kesehatan bayi, anak remaja, pertumbuhan dan perkembagannya dan kesempatannya untuk mencapai potensi penuh sebagai orang dewasa. Lebih dari seabad yang lalu ilmu pediactrik muncul sebagai kekhususan dalam menanggapi meningkatan kasadaran bahwa problem kesehatan anak berbeda dengan orang dewasa dan bahwa respon anak terhadap sakit dan stres berdeda beda sesuai dengan umur
b.     Keperawatan perdiatrik
ž  konsisten dengan pengertian keperawatan
ž  merupakan keyakinan atau pandangan yang dimiliki perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan pada anak yang berfokus pada keluarga, pencegahan terhadap trauma dan manajemen kasus.
c.       Tujuan dan Manfaat
v  Pencapaian derajat kesehatan yang tinggi bagi anak sebagai satu bagian dari sistem pelayanan kesehatan di keluarga.
v  Meningkatkan kepuasaan anak dan keluarga
v  Mengurangi fragmentasi pemberian asuhan
d.      Perawatan Berfokus Pada Keluarga (Family Centered Care)
Keluarga sebagai suatu kehidupan yang konstan dan individu mendukung, menghargai dan meningkatkan kekuatan dan kompetensi dalam memberikan asuhan terhadap anak (Johson, 1989). System pelayanan dan personel harus juga mendukung, menghargai, mendorong dan meningkatkan kekuatan dan kompetensi keluarga melalui pemberdayaan pendekatan dan pemberian bantuan efektif (Duns dan Trivette, 1996)
Sebagai seorang perawat, kita harus mampu memfasilitasi keluarga dalam pemberian tindakan keperawatan langsung, pemberian pendidikan kesehatan pada anak, memperhatikan bagaimana kehidupan social, budaya dan ekonomi keluarga sehingga dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari keluarga tersebut dalam memberikan pelayanan keperawatan. Perawat juga melibatkan keluarga dalam hal ini yaitu dengan cara mengajak kerjasama/ melibatkan dan mengajarkan pada keluarga tentang perawatan anak ketika sehat maupun sakit.
1.      ATRAUMATIC CARE
Tujuan utama : “DO NO HARM” yaitu :
§    Mencegah/mengurangi anak berpisah dari orang tua
§    Perlindungan
§    Mencegah/mengurangi trauma fisik dan nyeri
2.      PRIMARY NURSING
·      Mendukung pelaksanaan askep anak
·      Menjadikan asuhan yang konsisten dan berfokus pada keluarga sebagai komponen integral pada perencanaan dan pelaksanaan.
e.       Peran Keluarga Dalam Keperawatan Anak
1.      KELUARGA:
Suatu sistem terbuka terdapat sub / komponen, memiliki tujuan/fungsi, interrelasi dan interdependensi, dipengaruhi oleh system luar.
-          FUNGSI KELUARGA:
ü  Merawat fisik anak
ü  Mendidik anak untuk menyesuaikan dengan kultur
ü  Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan anak secara psikologis/emosional.
-          ELEMEN KUNCI FAMILY-CENTERED CARE
ü  Mengenal bahwa keluarga bersifat menetap pada kehidupan anak, sedangkan personil dan sistem pelayanan berfluktuasi
ü  Memfasilitasi kolaborasi orang tua dan perawat pada semua tingkat asuhan
ü  Menghormati keanekaragaman ras, budaya, dan sosio ekonomi dalam keluarga
ü  Mengenali kekuatan keluarga dan perorangan serta menghormati perbedaan
ü  Mendorong dan memfasilitasi dukungan keluarga dan jaringan kerja
ü  Mengerti dan memasukkan kebutuhan perkembangan bayi, anak, remaja dan keluarga dalam sistem asuhan.
ü  Menerapkan sistem asuhan yang dpt dilaksanakan secara fleksibel
f.       Prinsip Perawatan Anak
·      Perawat tidak boleh mengabaikan ketrampilan & pengetahuan orang tua anak
·      Perawat tidak boleh mengabaikan kepercayaan anak
·      Perawat harus selalu memperhatikan keadaan kesehatan mental, spiritual dan fisiknya sendiri
·      Perawat juga tidak boleh mengabaikan kemampuannya sendiri untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik
g.      Peran Perawat Pediatrik
-          Hubungan terapeutik
Diterapkan dalam berkomunikasi dengan anak dan keluarga, bersifat empati dan professional dengan memisahkan peran perawat dari keluarga tanpa mengganggu kenyamanan anak dan keluarga
-          Family advocacy/caring
Advokasi meliputi jaminan bahwa keluarga akan mengetahui yankes yang tersedia, diinformasikan tentang prosedur dan pengobatannya secara benar. Caring berarti memberikan yankes secara langsung pada anak.
-          Disease prevention/Health promotion
Melakukan dan mengajarkan keluarga tentang bagaimana cara mencegah penyakit baik dari luar maupun dari dalam tubuh.
-          Health education
Memberikan pendidikan kesehatan yang bertujuan membantu orangtua dan anak memahami suatu pengobatan medis, mengevaluasi pengetahuan anak tentang kesehatan mereka, memberi pedoman antisipasi
-          Support/counseling
Memberikan perhatian pada kebutuhan emosi melalui dukungan dan konseling. Dukungan diberikan dengan mendengar, menyentuh dan kehadiran fisik untuk memudahkan komunikasi nonverbal. Sedangkan, konseling dalam bentuk pertukaran pendapat, melibatkan dukungan, penyuluhan teknik untuk membantu keluarga mengatasi stress dan mendorong ekspresi perasaan dan pikiran. Yang membantu keluarga mengatasi stress dan memampukan untuk mendapatkan tingkat fungsi yang lebih tinggi.
-          Pengambil keputusan etis
Prinsipnya, tindakan yang ditentukan adalah yang paling menguntungkan klien, dan sedikit bahayanya terhadap segala aspek yang berhubungan denagn pelaksanaan asuhan keperawatan. Seperti dalam kerangka kerja mesyarakat, standar praktik professional, hukum, aturan lembaga, tradisi religius, sistem nilai keluarga dan nilai pribadi perawat.
  1. Coordination/Collaboration
bekerjasama dengan spesialis / profesi lain dalam mengatasi kesehatan anak.
§      Peran restorative
Keterlibatan perawat secara langsung dalam aktivitas pemberi asuhan yang dilakukan atas daar konsep teori yang berfokus pada pengkajian dan evaluasi status yang berkesinambungan. Perawat punya tanggung jawab dan tanggung gugat terhadap tindakannya.
§      Research
melakukan praktik berasarkan penelitian, menerapkan metode inovatif dalam memberikan intervensi pada anak, melakukannya berdasarkan penelitian dan sesuai rasional.
§      Health care planning
menggunakan perencanaan & metode yang tepat untuk perawatan anak. Perawat melibatkan penyediaan layanan yang baru, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan
§      Trend masa depan
Ada beberapa hal yang dituntut :
§  Pengobatan penyakit (kuratif) menjadi promosi kesehatan (promotif)
§  Filosofi asuhan berpusat pada keluarga bukan pilihan melainkan kewajiban
§ Perawat dituntut meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, komputer, membuktikan keunikan peran mereka dan dituntut lebih mandiri dan melebihi lingkungan asuhan terdahulu.
I.            PENGKAJIAN
Proses yang berkesinambungan, diterapkan di seluruh tahap penyelesaian masalah.
Dasar pengambilan keputusan. Terdiri dari pengumpulan, pengelompokan, dan analisis data. Dilakukan secara menyeluruh (bio-psiko-sosiokultural-spiritual).
II.            DIAGNOSA KEPERAWATAN
Adl keputusan klinis tentang respon individu, keluarga, atau komunitas terhadap masalah kesehatan/proses hidup yang aktual maupun potensial (NANDA).
Perawat menginterpretasi dan membuat keputusan tentang data yang telah dikumpulkan
 Komponen: PES (problem, etiology, symptom).
Jenis: aktual, risiko, potensial.
III.            PERENCANAAN
1)      Prinsip:
Memahami konsep dan karakterisik tum-bang anak.
2)      Memahami hubungan anak dengan pengasuh
3)      Melibatkan keluarga
4)      Orientasi
5)      Menciptakan lingkungan yang kondusif
6)      Meminimalkan trauma fisik
7)      Universal precaution
8)      Membantu keperluan pasien
IV.            IMPLEMENTASI
Menerapkan intervensi yang dipilih dan melakukan umpan balik.
 Prinsip:
1) Jangan menawarkan pilihan apakah bersedia dilakukan tindakan atau tidak
2) Beri kesempatan anak memilih tempat dilakukannya tindakan
3) Jangan membohongi anak bahwa tindakan yang akan dilakukan tidak menimbulkan rasa sakit
4) Jelaskan tindakan secara singkat dan sederhana
5) Perkenankan anak untuk mengeluh/menangis jika terasa sakit
6) Jangan berbisik kepada perawat lain atau keluarga di depan anak
7) Berpikir positif dan asertif
8) Waktu tindakan sesingkat mungkin
9) Libatkan keluarga.

V.            EVALUASI
Perawat mengumpulkan, mensortir, dan menganalisis data untuk menentukan apakah tujuan tercapai, perlu modifikasi rencana, perlu alternatif.
VI.            DOKUMENTASI
Pengkajian, identifikasi masalah, perencanaan, implementasi, dan evaluasi dilakukan dengan adanya bukti tertulis tentang pencapaian hasil, apakah ada kemajuan dalam proses keperawatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar